Cara Merawat Ayam Aduan Muda

cara-merawat-ayam-aduan-muda

Cara Merawat Ayam Aduan Muda

SukaayamAyam aduan muda adalah cikal bakal ayam petarung yang handal yang perlu kita persiapkan sejak ayam masih muda. Disini sangat diperlukan perawatan dan pelatihan fisik dan mental ayam agar nanti dapat menjadi ayam aduan yang berkualitas.

Pada dasar nya melatih dan merawat ayam aduan tidak lah sulit seperti yang dibayangkan. Namun bagi yang masih baru dan belum berpengalaman hal itu akan tersa sedikit sulit dalam melakukannya. Namun tenang disini saya akan memberikan panduan tentang cara merawat ayam aduan muda hingga siap jadi petarung handal.

Tips cara merawat ayam aduan muda 

Perawatan Awal Ayam usia 0-3 Bulan

  • Setelah kurang lebih 21 hari induk ayam mengerami telurnya akan menetas dan pada saat itu anak ayam berusia 1 hari. Pada saat umur segitu sebaiknya anak ayam tersebut dipindahkan ke kotak box yang dilengkapi lampu penghangat. Untuk pakannya anda bisa berikan pakan konsentrat atau poor yang berukuran kecil.
  • Setelah itu ketika ayam tumbuh agak besar dikotak box tadi sudah terasa sempit. Maka anda harus memindahkan nya ke kandang yang lebih luas dan tetap diberikan lampu penghangat.
  • Berikan pakan dan minum ayam secara rutin dan pemberian beberapa jenis vitamin serta obat-obatan penunjang pertumbuhan agar anak ayam tumbuh sehat dan berkembang.
  • Lakukan pemberisihan kandang secara rutin, karena bila kandang kotor anak ayam  mudah terkena penyakit.

Perawatan Ayam usia 3-6 Bulan

  • Dalam ini anak ayam sudah bisa diberikan pakan konsentrat yang berukuran lebih besar. Bahkan anda bisa memberikan pakan campuran beras, jagung dan dedak.
  • Pada usia ini ayam akan bertarung untuk mencari daerah kekuasaannya dan berusaha menjadi pemimpin.
  • Usia 3-6 bulan ini  mulai lah lakukan pengumbaran agar otot-ototnya tidak kaku dan sehat. Biarkan anak ayam mandi tanah (kipu) agar pertumbuhan tulangnya bisa optimal.
  • Saat di umbar usahan ayam jangan sampai diganggu atau diserang oleh ayam dewasa, karena hal itu akan berdampak kepada mental anak ayam.

Perawatan ayam usia 6-10 bulan

  • Ketika menginjak usia ini anda sudah bisa memberikan pakan kombinasi seperti jagung, beras merah, dan gabah untuk mencukupi kebutuhan kebutuhan gizi dan vitaminnya.
  • Masa ini adalah masa pertumbuhan dan pembentukan badan ayam, otot ayam, maupun tulang yang optimal.
  • Dan pada masa ini juga adalah masa bulu ayam mulai tumbuh (nyulam) dan sangat diperlukan perhatian khusus. Kemudian jangan sesekali melakukan abar saat  proses penumbuhan bulu ini.
  • Setelah ayam memasuki usia 9-10 bulan ayam sudah bisa dilakukan latihan sesuai dengan progam latihan yang benar.

Perawatan dan pelatihan ayam aduan muda hingga siap bertarung

Setelah usia ayam lebih dari 10 bulan ayam sudah bisa dilatih sesuai dengan program latihannya. Latihan ini bisa  dilakukan secara rutin namun tidak boleh berlebihan. Selain itu perhatikan pakannya agar pertumbuhan ayam semakin baik. Dan pada masa ini usahakan ayam dipindahkan ke kandang pribadi agar tidak terjadi perebutan makanan yang berakibat kebutuhan makanannya tidak terpenuhi.

Dibawah ini saya akan coba memberi penjelasan tentang cara melatih ayam usia lebih dari 10 bulan.

Cara memandikan ayam

Untuk mengeraskan serta berpengaruh dalam pembentukan otot-otot ayam maka anda harus melakukan pemandian. Pemandian ayam dilakukan pada saat suhu normal, tidak hujan, dan keadaan pagi atau saat jam 8 pagi.

Namun bila mengalami hujan sebaiknya pemandian dilakukan pada sore hari sekitar jam 4 sore. Mandikan ayam aduan dengan gabus atau spon yang nantinya memakai air mandi yang bersih.Biarkan ayam mengeringkan bulunya sekitar 30 menit sebelum anda melanjutkan ke langkah penjemuran. Proses ini juga bisa menjadi salah satu cara menjinakan ayam galak.

Penjemuran ayam aduan

Lakukan proses penjemuran agar lemak ditubuh ayam tidak menumpuk dan memilihkan staminanya. Proses penjemuran ini sangat dianjurkan pada saat memasuki siang hari  diantara jam 9 hingga jam 10 pagi, beberapa saat setelah anda memandikan ayam tersebut. Biasakan melakukan penjemuran ayam aduan muda dan anda bisa menghentikannya jika ayam terlihat lelah atau sakit.

Latihan Fisik

Ketika anda ingin melatih pernafasan sekaligus latihan otot, maka anda di anjurkan untuk melakukan latihan fisik terhadap ayam tersebut. Anda bisa melakukan latihan fisik sesuai dengan keperluan ayam aduan tersebut seperti latihan renang, kliter dan lompatan

Latihan Abar

Untuk membentuk mental petarung agar bisa menjadi sang juara anda perlu melakukan latihan abar/tarung ini. Pada tahap latihan awal lakukan lah dengan durasi yang singkat. Biasanya latihan awal hanya memakan waktu 5 sampai 10 menit saja.Kemudian ayam tersebut kembali di perbolehkan untuk beristirahat dan melakukan aktivitas seperti biasa seperti latihan fisik, mandi dan berjemur selama 2 minggu.

Setelah melewati masa istirahatnya anda bisa melakukan proses abar lagi dengan durasi yang sedikit lebih lama misalnya 15 menit. Namun anda perlu perhatikan jangan memaksakan kekuatan ayam tersebut. Dimana dia bisa saja terluka dan semakin takut jika lawan jika lawan yang dilawan nya tidak seimbang.

Demikianlah penjelasan dari kami (sukaayam) mengenai cara merawat ayam aduan muda agar kelak menjadi petarung yang handal. Semoga bermanfaat untuk anda semua. Salam dari kami sukaaayam.

Baca juga : Latihan Otot Leher Ayam Aduan Menjadi Keras