Arti Warna Bulu Ayam Aduan Terpopuler

Arti Warna Bulu Ayam Aduan Terpopuler

Sukaayam – Arti warna bulu ayam aduan terpopuler menjadi simbol yang mencolok dari seekor ayam aduan. Namun dibalik itu semua warna bulu ayam aduan memiliki arti dan maknanya sendiri. Mungkin sebagian penghobi sudah ada yang tahu mengenai arti warna bulu pada ayam kesayangannya. Namun, pastinya sebagian dari teman teman kita sesama penghobi ayam aduan masih belum mengetahui mengenai hal tersebut.

Maka dari itu pada kesempatan ini saya akan coba membahas mengenai Arti Warna Bulu Ayam Aduan yang populer dalam dunia sabung ayam.

  • Wiring geni dan kuning

Warna dengan warna dasar hitam yang diikuti warna merah dan kuning ini memiliki keistimewaannya sendiri. Sedangkan ayam yang memiliki warna cenderung hitam dan kecoklatan disebut dengan wiring galih. Pada umumnya ayam yang memiliki rawis tembus ( dari leher hingga sandangan ke bawah dan buntut yang berwarna hitam mengerucut tidak melebar ) termasuk ayam berkelas.

  • Wangkas Merah

Warna ini adalah warna bulu ayam bangkok yang paling populer dan banyak dicari oleh para pesabung ayam. Warna ini mempunyai warna dasar kuning dan dipadukan dengan sedikit warna merah. Konon katanya jika ayam yang mempunyai warna ini memiliki kekuatan super. Wangkas dibagi atas 2 warna yakni:

Wangkas Emas : Warna bulunya kuning dengan sedikit warna keemasan

Wangkas Geni : Warna bulu merah dan sedikit agak gelap.

Baca Juga : Manfaat Telur Dan Madu Dalam Dunia Sabung Ayam

  • Klawu 

Warna klawu memiliki corak berwarna abu-abu. Namun bisa saja berwarna hitam namun tetap bercorak putih abu-abu. Ayam yang berwarna klawu ini biasanya memiliki teknik dan gaya bertarung yang baik dan memiliki pukulan yang mematikan. Namun tak jarang ayam ini sering kabur sendiri saat bertarung walaupun sedang berlaga. Dalam tradisi jawa, ayam yang mempunyai warna ini tidak ditarungkan pada sore hari atau lebih dari jam 12 siang.

  • Blorok

Ayam blorok memiliki warna  hitam dengan corak tutul-tutul putih dengan rawis merah atau kuning. Ayam ini merupakan ayam favorit namun sulit untuk menemukannya.  Ayam ini juga adalah ayam pesaing berat ayam wiring kuning.

  • Jalak

Warna jalak memiliki warna dasar kuning dengan corak berwarna hitam atau sebaliknya. Menurut mitos yang ada ayam yang mempunyai warna ini sangat bertuah kepada juragannya, namun tidak boleh di tarungkan di atas jam 12 malam.

  • Gesin/ Hitam

Warna gesin (hitam) atau yang biasa kita sebut dengan warna tiduang memiliki warna dasar hitam dari rawis hingga sangdangannya. Warna ini memiliki ciri-ciri tertentu dengan keistimewaan saat bertarung. Gesin yang bagus memliki sandangan yang tembus dari rawis hingga kebawah dan paruh yang berwarna hitam hingga tembus ke kaki. Konon menurut orang jawa ayam yang memiliki warna seperti ini menandakan ayam berkualitas unggul.

  • Kinantan

Mempunyai warna bulu dasar putih dan tidak dihiasi dengan warna lainnya. Ayam yang memiliki warna kinantan ini dipercaya mempunyai kutukan dimana mereka akan membawa kesialan bagi juragan lawannya. Dan juga sering dianggap sebagai ayam petarung dengan kasta yang paling tinggi dikalangan ayam bangkok lainnya.

Demikian  pembahasan dari saya (sukaayam) mengenai Arti Warna Bulu Ayam Aduan Terpopuler. Semoga bermanfaat untuk anda semua. Salam sukaayam.